Selamat Datang di Portal Rumah Sakit Advent Bandung

RUMAH SAKIT ADVENT

Sejarah

SEJARAH RS. ADVENT BANDUNG

Rumah Sakit Advent Bandung adalah bagian dari jaringan pelayanan kesehatan Adventist Health System Asia (AHS/A), yang mengelola lembaga kesehatan Adven di kawasan Asia Pasifik Selatan, dengan kantor pusat di Cavite, Filipina. Di seluruh dunia. AHS melayani 68 negara dengan 65.000 karyawan yang terbagi di 165 rumah sakit dam 345 klinik kesehatan.

Rumah Sakit Advent Bandung didirikan tanggal 2 Oktober 1950 oleh Donald N. Holm seorang dokter dan missionaris Gereja Advent. Pada awalnya Rumah Sakit Advent berlokasi di Jalan Tamansari 50, Bandung tempat tinggal orang Belanda menjadi fasilitas kesehatan dengan kapasitas 24 tempat tidur. Rumah Sakit ini kemudian berkembang sehingga tahun 1953, kemudian rumah sakit membeli tambahan tanah untuk mendirikan bangunan rumah tinggal pegawai medis dan fasilitas kesehatan lainnya

Karena respons positif dari masyarakat sekitar maka tahun 1960 Rumah Sakit Advent telah berkembang hingga 110 tempat tidur. Untuk melayani masyarakat lebih luas lagi Rumah Sakit Advent dipindahkan ke jalan Cihampelas 161, tempat yang lebih strategis dan lebih luas. Pada tanggal 24 Januari 1963 Ibu Negara Hartini Soekarno meresmikan gedung rumah sakit bertingkat 3 dengan kapasitas 150 tempat tidur. Selama bertahun-tahun Rumah Sakit Advent dikenal dengan "the American Hospital" sebab kebanyakan dokter-dokternya berasal dari Amerika Serikat. Tahun 1970 kepemimpinan rumah sakit dialihkan pada putra Indonesia. Dr. Henry Novak adalah doktor bangsa asing terakhir yang menjadi pimpinan Rumah Sakit Advent Bandung.

© 2017 RS Advent Bandung