Selamat Datang di Portal Rumah Sakit Advent Bandung

RUMAH SAKIT ADVENT

Health & News

Sebuah Sikap yang Sehat

Web Admin RSA

Sikap / perilaku adalah sebuah kata yang penting untuk dimengerti pada waktu kita memikirkan tentang kehidupan yang sehat.

Kita mendengar ada sikap yang benar dan ada sikap yang salah. Apakah yang membuatnya berbeda bila kita mempunyai salah satunya ? Sikap itu menentukan bagaimana kita menghadapi kesulitan-kesulitan, masalah-masalah, sakit penyakit, keberhasilan dan pekerjaan. Segala sesuatu yang terjadi pada kita setiap hari. Adalah penting bagi kita untuk mengtahui pengaruh dari perilaku itu sendiri. Orang yang sukses atau gagal tergantung pada bagaimana mereka bereaksi pada situasi kehidupan ini.

 

        Sikap yang angkuh akan menjauhkan kita dari teman. Sikap yang mencurigakan akan merenggangkan persahabatan. Yang lebih penting lagi, sikap-sikap tersebut berpengaruh pada kesehatan kita. Tingkah laku apakah yang merusak ?

 

         Ketika Anda diabaikan dan sementara orang lain mendapatkan promosi, bagaimana perasaanmu ? Ketika Anda diberitahu Bahwa penyakit gula Anda mempengaruhi mata Anda dan secara perlahan-lahan kehilangan penglihatan, apakah yang Anda pikirkan di benak Anda ?

 

         Banyak orang menjadi sangat tidak enak, marah, dan jengkel. mereka berbicara tidak ramah pada orang yang mereka sayangi. Mereka menjadi tidak sabar, bahkan mereka menjadi marah pada Tuhan. Yang lain beralih ke Obat-obat bius, Alkohol, atau berbagai jenis makanan untuk melupakan  semua itu.

Bahkan yang lainnya lagi berpikir seperti tidak ada yang berubah seperti burung unta dengan kepalanya di pasir seolah-olah tidak ada masalah apapun.

Kadang-kadang penting bagi kita untuk merasakannya sendiri sampai kita sudah siap menghadapi situasi dan melihat apa yang baik dari situ, bagaimana  Tuhan akan mengubah situasi atau masalah-masalah yang terjadi.

Sehingga kita membuat lebih dekat kepadaNya dan mengajarkan kita untuk lebih mengandalkanNya.

       

        Pada waktu kita melakukan hal tersebut , kita tidak akan menanggung beban sendirian tetapi kita mendapat pertolongan yang terbaik di dunia ; Kekuatan dan pertolongan dari Tuhan sendiri. Masalah dan rasa sakit adalah bagian yang normal dalam kehidupan  , tetapi dengan pertolongan Tuhan, kita dapat menerima tanggungjawab untuk mengatasi dengan bijak dan mempunyai jalan keluar dalam menyelesaikan masalah-masalah kita.

Ketidakmampuan untuk menerima kenyataan bahwa kepedihan dan kesulitan-kesulitan itu merupakan hal yang biasa dalam hidup ini, dapat membawa kita pada rasa sakit pikiran, bahkan juga pada masalah kesehatan tubuh dan penyakit lain. Lebih dari seratus tahun yang lalu  seorang penulis terkenal Ellen G. White menuliskan :

 

“ Penyakit pikiran terjadi dimana-mana. Sembilan dari sepuluh penyakit yang diderita   manusia berasal dari pikiran “

 

        Stress adalah sesuatu yang normal yang sering kita alami yang memungkinkan kita tidak dapat melakukan pekerjaan kita, mengadakan janji yang tepat waktu , dll.

Jika kita larut atau terbawa dengan masalah-masalah itu dan lupa untuk minta pertolongan Tuhan, tekanan ini bukan lagi stress yang baik tetapi merupakan tekanan.

Semua ini bisa membuat kita sakit tulang belakang, pusing-pusing, tekanan darah tinggi, dll.

 

        Para peneliti mengatakan Bahwa walaupum pola hidup berubah seperti, makan makanan yang bergizi, memulai latihan aerobik, tidur 6-8 jam setiap malam, berpantang pada alkohol, rokok dan obat-obat berbahaya lainnya, jika tingkat tekanan atau stress tetap tinggi, untuk jadi sehat sangatlah lamban. 44 juta orang Amerika menderita karena tekanan darah dan 7 juta orang lainnya menderita penyakit-penyakit ringan, dimana kedua kondisi ini disebabkan karena stress yang begitu lama yang tak terselesaikan.

 

Sebab itu, sangatlah penting untuk kita ketahui bagaimana mengatasi masalah yang kita hadapi tanpa mengalami stress. Kecemasan / rasa cemas dapat menyebabkan masalah kesehatan.

 

“ Pikiran, merupakan faktor penentu dalam kesehatan “

 

        Pikiran merupakan faktor penyebab penyakit, dan pada saat yang sama pikiran kita juga menjadi faktor yang menentukan bagi kesehatan. Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda dengan memiliki kebahagiaan dalam hati Anda.

Suatu eksperimen telah dilakukan di UCLA ( Universitas California Los Angeles ) dimana dua sampel / contoh darah yang diambil dari seorang sukarelawan. Contoh darah pertama digunakan sebagai dasar dan kemudian contoh darah kedua diambil 5 menit kemudian .

Selama masa berselang, orang tersebut diberikan suatu keadaan dimana dia dapat merasakan sesuatu yang menyenangkan, dan secara umum mengalami emosi yang sehat .

Pemikiran yang menyenangkan tersebut dirasakan sebagai kekuatan (penguat) dan perangsang. Dalam waktu yang hanya 5 menit, hasilnya menunjukkan 5 % peningkatan secara menyeluruh pada komponen sistem kekebalan, apakah itu sel Polymorphonuclear (sel pembuluh) atau getah bening, dsb.

 

  • Peningkatan terendah pada NK sel sebanyak 30% ( NK sel adalah salah satu komponen pada sistem kekebalan yang memiliki kapasitas pelindung untuk melawan sel kanker ).

 

  • Peningkatan tertinggi adalah T lymphocytes sebanyak 200% ( T lymphocytes adalah pengaruh utama dan sel pengatur pada sistem kekebalan ).

 

  • Suatu eksperimen yang berbeda yang dilakukan oleh Dr.Lee S.Berk dari Rumah Sakit Universitas Loma Linda, ditemukan bahwa pada saat seseorang mengalami emosi yang positif, ada suatu perubahan dalam produksi hormon.

 

  • Peningkatan yang berarti dalam pembiakan sel-sel kekebalan tubuh, begitu sel kekebalan kita meningkat, kita memiliki kekebalan yang lebih baik.

 

  • Peningkatan sel kekebalan disertai dengan tanda penurunan pada Kortisol, ( Kortisol adalah suatu hormon yang kita ketahui memiliki kemampuan untuk menekankan kekebalan ).

“ Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang “

 

Pikiran memang faktor penentu dalam memiliki suatu kehidupan yang sehat. Pertanyaannya adalah : Bagaimana kita mengontrol pikiran kita supaya bebas dari stress, ketegangan, kegelisahan, kesedihan, rasa bersalah dan memiliki hati yang gembira dan pikiran yang damai untuk memperoleh kesehatan yang optimal ? Jawabnya ialah melalui Tuhan !!!

 

Ya, hanya melalui Tuhanlah kita dapat memperoleh sukacita, memiliki pikiran yang damai. Hanya Tuhanlah yang dapat memberi kita kelegaan sejati pada saat kita dibebani beban berat, yang memberikan pikiran damai.

 

 

 Sumber bacaan : Buku Ellen G. White

© 2017 RS Advent Bandung