Selamat Datang di Portal Rumah Sakit Advent Bandung

RUMAH SAKIT ADVENT

Health & News

Utamakan Pola Hidup Sehat

Web Admin RSA

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memerhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari aspek makanan dan minuman yang dikonsumsi, juga perilaku kita sehari-hari. Baik itu menghindarkan dari segala hal yang bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit bagi tubuh kita. Kesehatan adalah dambaan kita semua. Untuk hidup sehat tentunya kita akan menjalankan aktivitas rutin dengan memerhatikan pola hidup sehat. Kekayaan lahir dan batin tidak akan ada artinya bila kita masih terjebak dalam kondisi atau situasi sakit, baik itu karena virus penyakit atau pun karena tingkah polah kita yang tidak memerhatikan kondisi badan. Pola hidup sehat selalu berhubungan dengan faktor makanan yang menyehatkan serta menjauhkan dari pola makanan tidak sehat yang ke depannya akan menyebabkan hari-hari kita menjadi sakit karena timbulnya penyakit.
      Manusia adalah satu-satunya makhluk yang paling mengutamakan kesehatan, namun dalam mencapai keinginannya untuk mendapatkan kesehatan itu, justru gaya hidup di abad ini sangatlah mengerikan, yaitu semakin bergantung dengan penyediaan makanan yang serba cepat atau siap saji. Pilihan makanan ini disebabkan makin mudahnya akses konektivitas dan menyebabkan kurangnya aktivitas fisik. Gaya hidup seperti ini sepertinya tidak dapat dihindari. Jeleknya lagi, perubahan gaya hidup manusia modern pada dewasa ini diperparah dengan berkurangnya kualitas lingkungan hidup di tempat tinggalnya. Hal yang paling mendasar untuk menjalankan pola hidup sehat adalah dengan mengubah pola pikir supaya hidup mau serius mencanangkan hidup sehat.
      Setidaknya mesti memiliki komitmen untuk menjalankan pola hidup sehat dan praktiknya, seperti pada sisi agama yakni dengan mencari orang atau sosok yang benar-benar mampu sebagai teladan dan mampu memotivasi, mau menyadarkan pentingnya hidup sehat.
Seperti halnya kepandaian atau kecerdasan, kesehatan pun membutuhkan kemampuan supaya bisa serius, agar memiliki tubuh yang sehat, bugar serta prima. Kemampuan ini artinya akan menyesuaikan dengan jenis kelamin pria atau wanita, pekerja kantor atau ibu rumah tangga, usia dan sebagainya. Guna menambah pengetahuan misalnya, dengan rajin mengunjungi acara-acara seminar kesehatan atau berlatih dan mendatangi berbagai klub kebugaran. Gaya hidup sehat dibentuk oleh lingkungan.
Apabila Anda ingin menukar gaya hidup harus dimulai dari lingkungan. Dengan mengubahnya berarti Anda akan memiliki banyak teman untuk berkomitmen menerapkan hidup sehat. Ada baiknya juga untuk mulai serius dan tegas, misalnya membatasi makanan yang digoreng, mengurangi minum yang mengandung gula, kopi, beralkohol, yang dapat memberikan efek yang negatif.
      Tekadkan dalam diri Anda untuk mengonsumsi makanan sehat, sebaiknya konsumsi sayuran dan buah sebagai menu wajib yang sangat membantu mencegah penyakit. Bila diperlukan sebaiknya menyertakan suplemen sebagai tambahan untuk membantu memenuhi nutrisi yang kurang di dalam tubuh. Hal ini lebih bijaksana bila Anda konsultasikan kepada ahli gizi atau dokter keluarga Anda.
     Lalu ada beberapa hal mendasar untuk menopang pola hidup sehat yang dapat Anda upayakan, yaitu pola makan yang seimbang, istirahat, olahraga, bebas dari zat adiktif, dan spiritualitas yang sehat. Memang masih banyak faktor yang tidak dapat Anda upayakan sendiri dengan maksimal, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan. Misalnya, polusi, Tekadkan dalam diri Anda untuk mengonsumsi makanan sehat, sebagai menu yang wajib. Serangan radikal bebas, limbah industri, dan trace mineral dari sumber makanan. Namun dengan pola hidup sehat yang dapat Anda upayakan sendiri, hasilnya akan meminimalkan dampak buruk dari kungkungan lingkungan yang tidak sehat terhadap diri Anda. Setidaknya, Anda akan memiliki cukup daya tahan terhadap serangan mereka.

 

 

Penulis: Roy Maju Hutasoit, M.Fil.,Roy Maju Hutasoit, M.Fil.,

© 2017 RS Advent Bandung