Harapan besar dalam mengontrol gula darah, sekalipun sudah lanjut usia!

harapan-besar-dalam-mengontrol-gula-darah-sekalipun-sudah-lanjut-usia

Oleh Willy Yonas

Tidak terasa sudah hampir 2 tahun Program Terapi Mandiri Hidup Sehat Untuk Diabetes. Pada bulan April & Mei 2022, batch ke 8 dan 9 tamat setelah mengikut program selama 12 minggu. Total peserta dari kedua batch ini adalah 20 orang. Peserta program bervariasi tempat asalnya. Ada yang dari Bandung, Jakarta, Manado, Surabaya, Tangerang, Cianjur, dan Subang. Latar belakang dan kebiasaan peserta yang beragam memberikan tantangan juga bagi tim program diabetes RS Advent Bandung dalam menyarankan pola hidup sehat.

Peserta-peserta yang mengikuti program kondisinya bervariasi. Ada yang menggunakan insulin, obat diabetes, ada juga yang tidak menggunakan obat apapun. Ada pula yang sudah mengalami penurunan fungsi ginjal yang menurun. Masing-masing peserta berada pada perjalanan penyakitnya masing-masing. Setiap orang kondisinya unik. Kemajuan yang terlihat tidak terlalu bisa dibandingkan satu dengan yang lain.

Di batch 9, kita mendapatkan peserta tertua selama ini. Ibu yang berasal dari Surabaya tersebut berusia 85 tahun. Seseorang yang sudah lanjut usia, ketika merubah pola makannya kepada pola makan nabati sesuai takaran kebutuhan gizi setiap harinya, dan juga gerak badan secara rutin sesuai kemampuannya, ternyata masih dapat mengalami kemajuan yang begitu luar biasa. Pemeriksaan HbA1c bisa turun dari 11.4% menjadi 7.6% dalam 3 bulan! Tadinya ibunya takut makan karena gula darahnya berkisar di sekitar 300-400. Tapi dengan pengarahan dan implementasi yang tepat, ternyata gula darah bisa turun jauh sekali mendekati normal.

Kami, tim program diabetes Rumah Sakit Advent Bandung belajar satu hal, bahwa tidak ada kata terlambat untuk hidup sehat! Selalu ada harapan bagi setiap orang yang mau berjuang untuk lebih sehat dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Halo dengan Rumat Sakit Advent,
Saya mau bertanya ...